Welcome


Senin, 04 Mei 2015

Manusia dan Keindahan



Keindahan merupakan suatu sifat yang dapat dilihat dengan cara dikaitkan dengan objek tertentu. Sesuatu dikatakan indah jika objek tersebut bagus, cantik, permai, elok dan enak dipandang oleh kita sebagai manusia. Pengertian keindahan yang seluas-luasnya meliputi keindahan seni, keindahan alam, keindahan moral, dan keindahan intelektual.

Keindahan merupakan suatu  unsur yang dapat kita temui dimanapun. Keindahan seni dapat dikaitkan dengan keindahan mahluk hidup ataupun juga benda seperti, lukisan. Berbeda dengan keindahan alam, keindahan alam lebih menitik beratkan pada keindahan alam sekitar misalnya saja keindahan pemandangan alam dipegunungan. Keindahan moral terletak pada sisi santun dan perilaku manusia dalam hal berinteraksi sesama manusia seperti, sopan santun dalam berbicara sehingga orang tersebut memiliki nilai keindahan moral dalam dirinya. Keindahan intelektual lebih sering dikaitkan dengan intelegen yang dimiliki seseorang dalam berfikir.

Kawasan keindahan bagi manusia sangat luas seluas keanekaragaman manusia dan juga seluas perkembangan peradaban teknologi, sosial dan budaya. Karena itu keindahan dapat dikatakan bahwa keindahan tak dapat dipisahkan dari kehidupan manusia.

Keindahan bersifat universal, artinya tidak terikat oleh selera perorangan. Keindahan dapat dinilai oleh semua orang dengan taraf nilai yang berbeda beda. Penilaian orang tidak serta merta sama antara keindahan yang satu dengan yang lainnya. Karena setiap orang memiliki penilaian yang berbeda sehingga taraf keindahan suatu obyek tidak dapat diukur pasti tetapi dapat diambil perbandingan antara penikmat dan yang tidak menyukai obyek tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar