Welcome


Senin, 22 Juni 2015

Harapan dan Tanggung Jawab

Setiap manusia pasti memiliki harapan dan tanggung jawab dalam hidupnya. Harapan merupakan suatu keiinginan seseorang supaya sesuatu itu terjadi, dengan demikian harapan menyangkut dengan masa depan. Sedangkan tanggung jawab merupakan berkewajiban menanggung, memikul jawab, menanggung sesuatu, atau memberikan jawaban dan menanggung akibatnya. Tanggung jawab adalah kesadaran manusia akan tingkah laku atau perbuatannya yang disengaja maupun yang tidak sengaja. 

Sebagai seorang mahasiswa saya bertanggung jawab untuk menimba ilmu dan belajar untuk mencapai harapan yaitu menjadi seorang sarjana tekink sipil yang sukses. Dalam mencapai usaha tersebut kita juga harus bertanggung jawab agar usaha tersebut dapat tercapai dengan cara belajar. Belajar dan menimba ilmu merupakan tanggung jawab. Dalam tanggung jawab belajar kita harus disiplin waktu, dan juga harus mempunyai catatan nilai ujian yang baik sebagai tanda tanggung jawab kita. Dengan begitu harapan kita untuk menjadi sarjana teknik sipil yang sukses akan tercapai sesuai dengan usaha kita dalam belajar.

Tanggung jawab memiliki banyak macamnya, berikut adalah beberapa macam tanggung jawab yang akan dijelaskan oleh saya:

a. Tanggung jawab terhadap diri sendiri
Tanggung jawab terhadap diri sendiri menuntut kesadaran diri kita untuk memenuhi kewajiban kita sendiri dalam mengembangkan kepribadian sebagai manusia pribadi. Contohnya adalah Andi ada ujian besok tetapi dia malah bermain dan tidak belajar sama sekali. Saat ujian Andi pun sulit mengerjakan dan hasilnya pun tidak sesuai yang diharapkan. Andi bertanggung jawab terhadap nilai ujian yang dia dapat.

b. Tanggung jawab terhadap keluarga
Tiap anggota keluarga wajib bertanggung jawab terhadap anggota keluarganya. Tanggung jawab ini menyangkut nama baik keluarga. Contohnya adalah seorang ayang yang bekerja untuk menafkahi dan mensejahterakan keluarganya. Ini merupakan contoh tanggung jawab ayah terhadap keluarganya untuk menafkahi keluarganya.

c. Tanggung jawab terhadap masyarakat
Pada hakekatnya tanggung jawab terhadap masyarakat merupakan sebuah langkah untuk berkomunikasi kepada sesama masyarakat. Perbuatan yang kita lakukan baik dan buruknya harus dipertanggung jawabkan juga di lingkungan masyarakat. Contohnya adalah jika ada warga desa ya.ng sombong terhadap sesama warga desa lain maka warga tersebut dicemooh atau diomongin oleh warga sekitarnya. Omongan tersebut merupakan salah satu tanggung jawab warga tersebut karena telah berperilaku sombong.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar