Welcome


Senin, 09 Maret 2015

Pengertian Ilmu Budaya Dasar



     Ilmu Budaya Dasar secara umum adalah pengetahuan yang diharapkan dapat memberikan pengetahuan dasar dan pengertian umum tentang konsep konsep yang dikembangkan untuk mengkaji masalah masalah manusia dan kebudayaan. 
      Menurut Edward Burnett Tylor, Ilmu Budaya Dasar adalah keseluruhan yang kompleks, yang di dalamnya terkandung pengetahuan, kepercayaan, kesenian, moral, hukum, adat istiadat dan kemampuan kemampuan lain yang didapat seseorang sebagai anggota masyarakat.
     Dari tulisan di atas maka dapat diambil kesimpulan bahwa menurut saya Ilmu Budaya Dasar merupakan suatu kajian ilmu yang mempelajari pengetahuan dasar tentang budaya yang diperuntukan untuk memecahkan suatu masalah dalam kebudayaan, menambah pengetahuan berbudaya, berbahasa dan juga bersosialisasi antar budaya yang berbeda sehingga kita yang mempelajarinya dapat mengetahui perkembangan suatu budaya dan interaksi lainnya dalam budaya tersebut.


Daftar Pustaka:
  • Tylor, E.B. 1974. Primitive culture: researches into the development of mythology, philosophy, religion, art, and custom. New York: Gordon Press. First published in 1871. 

  •  Nugroho, W & Muchji, A. (1996). Ilmu Budaya Dasar. Jakarta: Universitas Gunadarma

Tidak ada komentar:

Posting Komentar