Welcome


Senin, 29 Juni 2015

Pemahaman Mempelajari Ilmu Budaya Dasar

Ilmu budaya dasar merupakan suatu ilmu yang mempelajari dan mengkaji budaya sehari hari manusia dan juga tentang masalah masalah yang dihadapi oleh manusia setiap harinya. Ilmu ini memberikan wawasan yang luas tentang bagaiman manusia berinteraksi dengan sesama manusia lain dan juga menciptakan suatu budaya dari hasil interaksi tersebut.

Setelah mempelajari ilmu budaya dasar ini saya jadi lebih mengetahui tentang bagaimana budaya dari manusia itu terbentuk. Ternyata budaya itu lahir dari kebiasaan nenek moyang kita dan tetap dijaga turun temurun sampai kita mengaplikasikannya di kehidupan sehari hari seperti sekarang. Nilai nilai yang terkandung dalam budaya tersebut lama lama akan hilang jika kita tidak menjaganya dengan baik. Oleh karena itu kita sebagai generasi penerus harus tetap menjaga budaya dan tradisi yang ada dan turun temurun ini.

Dalam mengkaji ilmu ini juga saya menjadi tau bahwa manusia selalu berkaitan dengan budaya dan juga sebaliknya. Sehingga dimana ada masyarakat pasti ada budaya di lingkungan tersebut. Selain itu banyak juga permasalahan permasalahan antara manusia yang dikaji dari Ilmu Budaya Dasar. Seperti masalah cinta dan kasih sayang sesama manusia, keindahan, penderitaan, pandangan hidup, harapan dan tanggung jawab dikaji secara mendalam. 

Masalah cinta dan kasih sayang yang dialami manusia memang merupakan suatu hal yang wajar. Setiap individu mempunyai rasa cinta dan kasih contohnya seperti cinta ibu kepada anaknya dan juga cinta ayah terhadap keluarganya.Hal ini menjadi masalah jika sudah tidak ada lagi cinta dan kasih sayang sehingga akan terjadi perpecahan diantara keharmonisan berkeluarga. 

Keindahan juga merupakan kajian dalam ilmu budaya dasar. Keindahan merupakan sesuatu yang indah dipandang dan yang melihatnya akan senang. Namun keindahan ini tidak dapat diukur karena setiap individu berhak untuk menilai apakah objek yang dipandang itu indah atau tidak. Dimana ada sesuatu yang indah pasti ada sesuatu yang menderita. Penderitaan disini dijelaskan bahwa manusia bisa saja merasa menderita karena dia melakukan kesalahan sehingga lingkungan masyarakat sekitarnya menghukumnya. Penderitaan juga dapat diartikan dengan kesendirian dia dimana dia berada dilingkungan yang ramai namun tetap merasa sendiri. Orang yang demikian itu merasakan penderitaan.

Ilmu budaya dasar juga mengajari kita tentang pandangan hidup yang baik, untuk mencapainya kita harus mempunyai tujuan yang baik dan melaksanakannya dengan benar agar tujuan hidup kita dapat tercapai. Pandangan hidup yang baik bisa kita dapat dari pengalaman kita dan mengintrospeksi diri kita agar dapat menemukan pandangan hidup yang baik dan sesuai dengan jalan hidup kita. 

Selain itu ada harapan dan tanggung jawab. Sebagai manusia kita pasti memiliki harapan dan tanggung jawab yang harus kita penuhi. Maka dari itu jika manusia tidak memliki harapan dan tanggung jawab sama saja dia tidak mempunyai tujuan untuk hidup. Tanggung jawab merupakan hal yang harus kita pertanggung jawabkan dengan baik hasil baik dan buruknya harus kita terima dengan lapang dada. Seperti halnya kita belajar kita harus bertanggung jawab dengan nilai ujian kita. Sedangkan harapan adalah impian kita untuk mencapai sesuatu dengan usaha. Jika kita mempunyai harapan untuk lulus dengan nilai bagus maka kita harus rajin belajar dan dengan begitu kita dapat mendapatkan hasil yang maksimal.

Itulah pemahaman saya tentang mempelajari Ilmu budaya dasar ini. Banyak sekali ilmu baru yang dapat diterpkan dan juga sebagai pembelajaran untuk diri kita agar kita dapat hidup lebih baik setelah mempelajari budaya dan masalah yang dihadapi oleh diri kita sendiri sebagai manusia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar