Welcome


Senin, 15 Juni 2015

Pandangan Hidup dan Langkah-langkah Pandangan Hidup yang Baik

Setiap manusia pasti memiliki pandangan hidup. Pandangan hidup itu juga bersifat kodrati. Karena itu ia menentukan masa depan seseorang. Pandangan hidup memiliki arti pendapat atau pertimbangan yang dijadikan pegangan, pedoman, arahan, petunjuk hidup di dunia. Pendapat atau pertimbangan itu merupakan hasil pemikiran manusia berdasarkan pengalaman sejarah menurut waktu dan tempat hidupnya. 

Oleh karena itu pandangan hidup itu bukan timbul seketika tetapi selalu berkembang dan bertahap dari waktu ke waktu hingga timbul hasil pemikiran dan dapat diuji kenyataannya. Hasil pemikiran itu dapat diterima oleh akal, sehingga diakui kebenarannya. Pandangan hidup yang baik itu apabaila kita juga dapat mengitrospeksi diri kita dari yang dahulunya kurang baik menjadi lebih baik. 

Untuk mencapainya ada langkah langkah yang harus ditempuh untuk mencapai pandangan hidup yang baik yaitu:

1) Mengenal
Mengenal merupakan suatu kodrat manusia yang merupakan tahap pertama dari aktivitas hidupnya yang dalam hal ini mengenani pandangan hidup. Sebagai manusia untuk mencapai pandangan hidup kita harus berinteraksi dan mengenal sesama manusia, hal ini dapat membantu kita mempelajari lingkungan dan diri kita sendiri sehingga pandangan hidup kita dapat tercapai. Mengenal juga bisa jadi pengalaman kita untuk memilih pandangan hidup yang baik.

2) Mengerti
Mengerti disini merupakan salah satu dari langkah mencapai pandangan hidup yang baik karena dengan kita mengerti pandangan hidup kita, kita dapat memahami apa saja yang terdapat dalam pandangan hidup kita dan kita mengerti tujuan dan hasilnya akan baik.

3) Menghayati
Dengan menghayati pandangan pandangan hidup kita dapat memperoleh gambaran yang tepat dan benar mengenai kebenaran pandangan hidup itu sendiri. Menghayati disini dapat berupa menghayati nilai nilai yang terkandung didalamnya, yaitu dengan memperluas dan memperdalam pengetahuan mengenai pandangan hidup itu sendiri.

4) Menyakini 
Setelah mengetahui kebenaran dan validitasnya , baik secara kemanusiaan, maupun ditinjau dari segi kemasyarakatan maupun negara dan dari kehidupan di akherat , maka hendaknya kita menyakini pandangan hidup yang telah kita hayati itu. Dengan meyakini berarti secara langsung ada penerimaan yang ikhlas terhadap pandangan hidup itu.

5) Mengabdi 
Mengabdi merupakan sesuatu yang telah dibenarkan dan diterima baik oleh dirinya lebih-lebih oleh orang lain. Dengan mengabdi kita akan merasakan manfaatnya. Sedangkan perwujudan manfaat mengabdi ini dapat dirasakan oleh pribadi kita sendiri. Dan manfaat itu sendiri bisa terwujud di masa masih hidup dan atau sesudah meninggal dunia.

6) Mengamankan
Proses mengamankan ini merupakan langkah terkahir agar pandangan hidup kita tidak goyah dan tidak dirusak oleh orang lain. Dengan mengamankan yang sudah kita yakini dan sudah benar makan perwujudan dari pandangan hidup yang baik itu dapat tercapai.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar