Welcome


Senin, 25 Mei 2015

Manusia dan Keadilan Distributif

     Pengertian Keadilan adalah hal-hal yang berkenaan pada sikap dan tindakan dalam hubungan antar manusia yang berisi sebuah tuntutan agar sesamanya dapat memperlakukan sesuai hak dan kewajibannya. Dalam bahasa inggris keadilan adalah justiceMakna justice terbagi atas dua yaitu makna justice secara atribut dan makna justice secara tindakan. Makna justice secara atribut adalah suatu kuasalitas yang fair atau adil. Sedangkan makna justice secara tindakan adalah tindakan menjalankan dan menentukan hak atau hukuman.

   Adapun beberapa pendapat para ahli tentang keadilan sebagai berikut. Menurut Aristoteles yang mengatakan bahwa keadilan adalah tindakan yang terletak diantara memberikan terlalu banyak dan sedikit yang dapat diartikan memberikan sesuatu kepada setiap orang sesuai dengan apa yang menjadi haknya. Pengertian keadilan menurut Frans Magnis Suseno yang mengatakan pendapatnya tentang pengertian keadilan adalah keadaan antarmanusia yang diperlakukan dengan sama sesuai dengan hak dan kewajibannya masing-masing.

    Keadilan ada berbagai macamnya salah satunya adalah keadilan distributif. Aristoteles berpendapat bahwa keadilan akan terlaksana bilamana hal-hal yang sama diperlakukan secara sama dan hal-hal yang tidak sama diperlakukan secara tidak sama (justice is done when equals are treated equally). Sebagai contoh dari keadilan distributif adalah John dan Robert bekerja di perusahaan yang sama, namun John sudah bekerja selama 15 tahun sedangkan Robert baru bekerja selama 7 tahun. Pada waktu diberikan THR harus dibedakan antara John dan Robert, perbedaan tersebut sesuai dengan lamanya dia bekerja. Andaikan Robert menerima Rp.10.000.000 maka John harus menerima lebih besar yaitu Rp.20.000.000. Akan tetapi jika John dan Robert mendapatkan THR yang sama maka hal tersebut tidak adil.

Daftar Pustaka:  

  • Nugroho, W & Muchji, A. (1996). Ilmu Budaya Dasar. Jakarta: Universitas Gunadarma
  • Artikelsiana, 2015 Pengertian keadilan dan macam macam keadilan, http://www.artikelsiana.com/2015/01/pengertian-keadilan-macam-macam-keadilan.html#_

Tidak ada komentar:

Posting Komentar