Welcome


Senin, 16 Maret 2015

Hakekat Manusia

     Manusia merupakan makhluk sosial yang tidak dapat hidup sendiri dan membutuhkan manusia lain untuk hidup bersama di lingkungan masyarakat. Manusia mempunyai akal pikiran yang dapat selalu dikembangkan seiring berjalannya waktu. Selain itu manusia pun mempunyai hakekat hakekat yang perlu kita ketahui bersama. Berikut ini adalah hakekat hakekat manusia yang dapat kita pahami dan pelajari bersama.

A. Makhluk ciptaan Tuhan yang terdiri dari tubuh dan jiwa sebagai satu kesatuan yang utuh.
     Manusia belum bisa dikatakan sempurna apabila tidak memiliki tubuh dan jiwa. Tubuh merupakan jasad manusia dan jiwa adalah roh manusia yang dapat membuat jasad itu hidup dan melakukan aktivitas. Maka dari itu jiwa dan tubuh manusia harus bersatu sebagai kesatuan yang utuh karena jika mereka tidak menyatu maka tidak dapat dianggap sebagai manusia sempurna.

B. Makhluk ciptaan Tuhan yang paling sempurna dibandingkan dengan makhluk lainnya.
     Manusia disebut makhluk sempurna karena manusia diciptakan mempunyai akal, hawa nafsu, perasaan dan kehendak yang terdapat dalam diri manusia tersebut. Karena itulah manusia menjadi khalifah di muka bumi. Manusia dapat menilai hal yang baik dan yang buruk, mempelajari dan mengembangkan sesuatu, bersosialisasi dengan manusia lain, mempunyai harga diri dan juga mempunyai sisi rohani yang menghubungkan antara manusia dengan sang pencipta.

C. Makhluk biokultural, yaitu makhluk hayati dan budayawi
     Manusia sebagai makhluk biokultural karena manusia dapat diteliti dari segi biologis maupun segi budayanya. Manusia mempunyai anatomi tubuh yang dapat dijadikan acuan untuk mempelajari dan menemukan masalah serta mengobati berbagai macam penyakit. Selain itu juga manusia sendiri dapat diteliti dari segi budayawi seperti kita dapat mengetahui dari mana suku dan budaya manusia tersebut, kita juga dapat mengetahui berbagai macam bahasa daerah dan kesenian kesenian yang beragam dari budaya manusia tersebut.

D. Makhluk ciptaan Tuhan yang terikat dengan lingkungan, mempunyai kualitas dan martabat karena kemampuan bekerja dan berkarya
     Manusia tidak akan lepas dari lingkungan hidupnya saat dia tinggal disana. Manusia juga pasti selalu memiliki sifat alamiah dari dia lahir. Hal ini dikarenakan manusia pasti selalu terikat dengan lingkungannya. Selain itu manusia juga dapat dipandang dengan kemampuan berpikir mereka yang dapat selalu berkembang seiring berjalannya waktu sehingga dengan kemampuan itu manusia dapat berkarya dan menaikan martabatnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar