Welcome


Senin, 06 April 2015

Prosa yang Dihubungkan dengan Ilmu Budaya Dasar

          Dalam artikel kali ini saya akan menjelaskan contoh prosa yang dihubungkan dengan Ilmu Budaya Dasar. Untuk mengetahuinya kita harus membaca prosa berjudul 5cm berikut ini.
 
          Lima orang anak muda yang menjalin persahabatan selama tujuh tahun, mereka diantaranya  bernama Arial, Riani, Zafran, Ian, dan Genta.
Mereka adalah sahabat yang kompak, memiliki obsesi dan impian masing-masing, mereka selalu pergi bersama dan ketemu setiap saat. Karena bosan bertemu setiap hari, akhirnya mereka menemukan titik jenuh dengan aktivitas yang selalu mereka lakukan bersama dan mereka memutuskan untuk tidak saling berkomunikasi selama tiga bulan.
Dalam masa “berpisah tersebut”, mereka tidak diperkenankan melakukan komunikasi dalam bentuk apapun. Dalam kurun 3 bulan tersebutlah, mereka ditempa dengan hal baru. Dengan rasa rindu yang saling menyilang. Tentang tokoh Riani yang mencintai salah satu sahabatnya zafran. Tentang Zafran yang merindui dinda adik Arial, sahabatnya sendiri. Tentang Genta yang memilih mengagumi Riani dengan diam.
Selama tiga bulan berpisah itulah terjadi banyak hal yang membuat hati mereka lebih kaya dari sebelumnya. Pertemuan setelah tiga bulan yang penuh dengan rasa kangen akhirnya terjadi dan dirayakan dengan sebuah perjalanan ‘reuni’ mereka dengan mendaki gunung tertinggi di Pulau Jawa, Mahameru.
“Biarkan keyakinan kamu, 5 centimeter menggantung mengambang di depan kamu, cuma kaki yang akan berjalan lebih jauh dari biasanya, tangan yang akan berbuat lebih banyak dari biasanya, mata yang akan menatap lebih lama dari biasanya, leher yang akan lebih sering melihat ke atas. Lapisan tekad yang seribu kali lebih keras dari baja, hati yang akan bekerja lebih keras dari biasanya serta mulut yang akan selalu berdoa. percaya pada 5 centimeter di depan kening kamu”

Dari prosa yang dapat dibaca diatas, dapat diambil nilai nilai yang berkaitan dengan Ilmu Budaya Dasar. Prosa diatas dapat memberikan kesenangan pada pembaca dengan isi prosa yang menarik yang menceritakan persahabatan anak anak bangsa Indonesia dan tidak sedikit adanya tulisan komedi di prosa tersebut. Prosa tersebut juga memberikan wawasan dan informasi tentang letak gunung tertinggi yang ada di Jawa Barat yaitu Gunung Mahameru. Kita juga dapat tau apa saja yang ada di Gunung Mahameru dari membaca prosa ini. 
           Dari prosa ini juga kita dapat mengambil warisan budaya seperti saling tolong menolong membantu sesama manusia yang membutuhkan karena budaya ini pasti harus selalu diterapkan dalam kehidupan sehingga selalu menjadi warisan budaya dari dahulu hingga sekarang. Dan untuk yang terakhir adalah keseimbangan wawasan yang dapat diambil adalah dalam menginginkan sesutau kita harus selalu kerja keras, jangan hanya berdoa tetapi tidak berusaha tetapi selalu berusaha dan berdoa, kita harus menggantungkan keyakinan kita 5cm di depan kita, untuk mencapai semuanya kita harus berkerja keras 1000 kali lipat dan selalu dibarengi dengan doa agar keinginan tersebut dapat tercapai.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar