Welcome


Kamis, 13 November 2014

Pemuda Pemudi Indonesia dan Pemerataan Pendidikan di Indonesia

A. Gambaran Pemuda Pemudi di Indonesia

     Pemuda pemudi adalah penerus bangsa ini. Di negara kita Indonesia ini banyak sekali pemuda pemudi yang ada namun mereka mempunyai karakteristik dan sifat yang berbeda pula. Untuk bisa tau gambaran dari pemuda pemudi kita tentu harus ada perbandingan dari sisi positif dan negatif, berikut ini gambaran tentang pemuda pemudi di Indonesia dari sisi positif dan negatif.

a. Sisi Positif
     Gambaran pemuda pemudi di Indonesia dari sisi positif sangat beragam. Jika dilihat dari sisi pendidikan, banyak pemuda pemudi di Indonesia ini telah menjuarai berbagai ajang olimpiade terkemuka seperti sains, matematika, fisika dan lainnya di dunia dan mengalahkan peserta atau kontestan lain di luar sana. Dari segi olahraga pun sama, pemuda pemudi kita telah banyak berhasil memenangkan perlombaan dan olimpiade dari cabang olahraga baik di tingkat nasional sampai internasional. Hal tersebut menunjukan bahwa di Indonesia ini masih banyak pemuda pemudi yang berprestasi dan mampu membanggakan negara dan bangsanya. 

b. Sisi Negatif
     Disamping sisi positif yang ada dalam pemuda pemudi Indonesia, masih ada gambaran sisi negatif yang kadang lebih menonjol dibandingkan sisi positifnya. Masih banyak pemuda pemudi kita yang tidak berpikir dewasa, seperti banyak kejadian tawuran antar pelajar yang marak terjadi di Indonesia ini. Tanpa ada alasan yang jelas mereka saling adu kekuatan sampai menggagu bahkan merusak infrasrtuktur umum. Dari gambaran lain, kasus penyalahgunaan obat obat terlarang yang semakin marak terdengar di Indonesia ini. Banyak pemuda pemudi di Indonesia ini yang awalnya tidak tahu dan ingin coba coba hal yang tidak baik sehingga mereka menjadi pecandu. Mereka menyia nyiakan masa muda untuk bersenang senang tanpa pemikiran yang logis sehingga hasilnya menjadi pemuda pemudi yang mempunyai sisi negatif.

     Itulah sedikit gambaran pemuda dan pemudi di Indonesia. Tulisan di atas bukan untuk membandingkan tetapi untuk mengingatkan diri saya pribadi yang masih dibilang pemuda dan kita semua agar dapat sadar, untuk menghabiskan masa muda kita dengan hal yang positif agar kelak dapat berguna untuk Bangsa dan Negara.

B. Pemerataan Pendidikan di Indonesia

     Setelah membahas tentang pemuda dan pemudi di Indonesia, saya akan melanjutkan tulisan ini dengan pemerataan pendidikan yang ada di Indonesia ini. Kita langsung saja ke topik permasalahannya berikut ini.

     Pemerataan pendidikan di Indonesia ini seolah olah tidak ada habisnya. Selalu saja timbul permasalahan tentang pendidikandi negara kita ini. Penyebab tidak meratanya pendidikan di Indonesia ini karena masih banyaknya lembaga pendidikan atau sekolah yang membeda bedakan jenis atau klasifikasinya. Misalnya saja ada sekolah yang bertaraf internasional, nasional, dan sekolah elite yang membuat pemerataan pendidikan sulit terealisasi di negeri kita ini. Akibat perbedaan jenis sekolah tersebut, biaya untuk masuk sekolah menjadi lebih tinggi sehingga banyak anak anak di negara kita ini terbengkalai pendidikannya karena tidak mempunyai biaya yang cukup.
     Masalah lainnya karena infrastruktur dan lokasi daerah, masih banyak di Indonesia ini di daerah terpencil belum sama sekali didirikan infrasrtuktur yang layak untuk proses belajar mengajar. Sumber daya manusia seperti guru pun harus di perbanyak lagi agar di setiap daerah tidak kekurangan tenaga pengajar. Jika semua aspek tersebut dibenahi, niscaya pemerataan penduduk di Indonesia ini akan tercapai. Bantuan pemerintah dan warga sangat dibutuhkan untuk menciptakan pendidikan yang merata, tidak mahal tetapi berkualitas, agar kelak penerus bangsa ini bisa menjadi lebih baik lagi.

C. Saran untuk Pembangunan Negeri Kita agar Lebih Baik Lagi

     Saran saya sebagai pemuda pemudi Indonesia agar pembangunan Negeri kita menjadi lebih baik lagi dengan memperbaiki sektor pendidikan. Karena pembangunan Negeri kita ini akan lebih baik dan berhasil di masa yang akan datang dengan generasi penerus kita. Maka dari itu kita harus memperbaikin kualitas pendidikan dan penanaman jiwa nasionalisme agar penerus bangsa kita ini selalu mengingat perjuangan para pembangun bangsa kita ini. Selain itu pembangunan juga akan berhasil karena adanya kerjasama yang baik antar pemerintah dengan warganya, oleh karena itu untuk kedepannya sinkronisasi antara pemerintah dengan rakyat harus tetap dijaga agar semua dapat berjalan dengan baik menuju Indonesia yang sejahtera dan lebih baik lagi. Terima kasih :)

Sumber: Sumber 1, sumber lainnya berasal dari pemikiran penulis sendiri :)
    

     

Tidak ada komentar:

Posting Komentar