Welcome


Rabu, 01 Oktober 2014

ILMU SOSIAL DASAR

             Kali ini saya akan sedikit menjelaskan tentang ilmu sosial dasar dan apakah ilmu sosisal dasar itu sama dengan ilmu pengetahuan sosial? Dari pada penasaran mari kita liat artikel yg saya kutip dari beberapa sumber berikut ini. Silahkan disimak.



      I.  Ilmu sosial dasar menurut para ahli atau tokoh

    
     Ada banyak pengertian dari ilmu sosial dasar, banyak para ahli atau tokoh dalam bidangnya menyampaikan pendapat mereka tentang apa itu pengertian dari ilmu sosial dasar. Untuk lebih jelasnya anda bisa melihat pengertian dari para ahli atau tokoh tersebut yg telah saya rangkum dari beberapa sumber.


1. Lewis
Ilmu sosial dasar adalah sesuatu yg dicapai, dihasilkan, dan ditetapkan dalam interaksi sehari hari antara warga Negara dan pemerintahannya.


2. Keith Jacobs
Ilmu sosial dasar adalah sesuatu yg dibangun dan terjadi dalam sebuah situs komunitas.


3. Ruth Aylett
Ilmu sosial dasar adalah sesuatu yg dipahami sebagai sebuah perbedaan namun tetap inheren dan terintegrasi.


4. Philip Wexler
Ilmu sosial dasar adalah sifat dasar dari setiap individu manusia.


5. Enda M. C
Ilmu sosial dasar adalah cara tentang bagaimana para individu saling berhubungan.




II. Persamaan dan perbedaan antara ilmu sosial dasar dengan ilmu pengetahuan sosial
    
      Sebelum kita mengkaji persamaan dan perbedaan antara ilmu sosial dasar dan ilmu pengetahuan sosial, ada baiknya kita mengetahui dulu pengertian dari ilmu imu tersebut. Untuk itu saya akan menjelaskan sedikit pengertian dari pada ilmu sosial dasar dan ilmu pengetahuan sosial.
   Ilmu sosial dasar adalah cabang ilmu yg menelaah tentang persoalan persoalan yg mendasar yg sering terjadi dalam kehidupan sehari hari yg muncul akibat adanya interaksi antara sesama manusia. Sedangkan ilmu pengetahuan sosial adalah sebuah cabang ilmu yg mempelajari antara manusia dan lingkungannya dengan menggunakan berbagai disiplin ilmu seperti sosiologi, geografi, ekonomi, sejarah dan sebagainya.
  Setelah membaca perngertian dari kedua ilmu tersebut kita dapat mengambil kesimpulan persamaan dan perbedaan antara keduanya.
 
I. Persamaan ilmu sosial dasar dan ilmu pengetahuan sosial

  • Keduanya merupakan cabang ilmu yg mengkaji tentang masalah sosial yg timbul akibat adanya interaksi antara manusia dengan manusia atau manusia dengan lingkungan sekitarnya.
  •  Keduanya merupakan salah satu program studi pengajaran
  • Keduanya bukan merupakan disiplin ilmu yg berdiri sendiri

II. Perbedaaan ilmu sosial dasar dan ilmu pengetahuan sosial

  • Pengajaran ilmu sosiad dasar dilakukan di perguruan tinggi tetapi ilmu pengetahuan sosial diajarkan pada saat sekoladh dasar dan lanjutan.
  • Ilmu sosial dasar tertuju kepada pembentukan sikap dan kepribadian sedangkan ilmu pengetahuan sosial lebih tertuju kepada pemberian informasi pengetahuan dan keterampilan intelektual.
  • Ilmu sosial dasar merupakan mata kuliah tunggal sedangkan ilmu pengetahuan sosial merupakan kelompok dari sejumlah mata pelajaran.
                  Demikianlah sedikit pengertian tentang ilmu sosial dasar yg saya dapat dari berbagai sumber, semoga tulisan ini dapat membantu. Terima Kasih.


Sumber: Referensi 1 , Referensi 2 , Referensi 3
 


                
               
                



Tidak ada komentar:

Posting Komentar